Jobdesk Administrasi Procurement : Definisi, Tugas dan Tanggung Jawab

Definisi Administrasi Procurement

Administrasi Procurement atau pengadaan merupakan bagian integral dari operasi bisnis apa pun. Ini adalah proses di mana perusahaan memperoleh barang dan jasa yang diperlukan untuk menjalankan operasinya.

Dalam konteks ini, peran seorang Administrator Procurement sangatlah vital. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa proses pengadaan berjalan lancar, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Administrator Procurement:

1.Perencanaan Pengadaan

Seorang Administrator Procurement harus dapat merencanakan pengadaan dengan cermat. Mereka perlu memahami kebutuhan perusahaan, menganalisis pasar, dan menentukan strategi pengadaan yang tepat. Ini melibatkan identifikasi pemasok potensial, menilai risiko, dan membuat rencana pengadaan yang memperhitungkan faktor-faktor seperti ketersediaan barang, waktu pengiriman, dan biaya.

2.Pembelian Barang dan Jasa

Tugas inti seorang Administrator Procurement adalah melakukan pembelian barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Mereka harus dapat menegosiasikan harga terbaik dengan pemasok, memastikan kualitas barang atau jasa yang diterima, serta memperhatikan persyaratan kontrak dan peraturan yang berlaku.

3.Manajemen Pemasok

Administrator Procurement bertanggung jawab untuk menjaga hubungan yang baik dengan pemasok. Mereka harus melakukan evaluasi terhadap kinerja pemasok, memastikan bahwa pemasok memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan, serta mengelola kontrak dan negosiasi dengan pemasok secara efektif.

4.Pengelolaan Inventaris

Bagian penting dari tugas seorang Administrator Procurement adalah mengelola inventaris barang. Mereka perlu memastikan bahwa persediaan selalu mencukupi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, namun juga tidak berlebihan sehingga mengikis keuntungan perusahaan melalui biaya penyimpanan yang tidak perlu.

5.Kepatuhan dan Hukum

Seorang Administrator Procurement harus memastikan bahwa semua kegiatan pengadaan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku. Mereka harus akrab dengan peraturan terkait seperti regulasi pembelian pemerintah, persyaratan lingkungan, dan standar keamanan.

6.Analisis Biaya dan Efisiensi

Tanggung jawab lain dari seorang Administrator Procurement adalah melakukan analisis biaya untuk memastikan bahwa pengadaan dilakukan dengan cara yang paling efisien. Ini melibatkan identifikasi peluang untuk mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi proses pengadaan, dan mengoptimalkan pengeluaran perusahaan.

 

Peran seorang Administrator Procurement sangat penting dalam menjaga stabilitas dan efisiensi operasional sebuah perusahaan. Dengan menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik, mereka dapat membantu perusahaan untuk memperoleh barang dan jasa yang diperlukan dengan harga yang kompetitif, sambil memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan standar yang berlaku.

 

Jika kamu tertarik untuk memulai karier menjadi seorang Administrator Procurement, Kami PT. Multi Daya Sinergi Bersama menyediakan lowongan pekerjaan diposisi Administrator Procurement untuk penempatan di salahsatu perusahaan ritel ternama.

Cek loker lainnya disini

Kami juga dapat membantu sebagai jasa Outsourcing dalam mencarikan kandidat atau SDM yang berkualitas dan berkompetensi untuk sebuah perusahaan.

Untuk Bekerjasama hubungi kontak kami atau klik disini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *