Bagaimana Cara Menghemat Biaya Operasional Perusahaan?

Sebenarnya ada berbagai macam cara mengurangi biaya operasional yang bisa dilakukan sebuah perusahaan. Apalagi jika bicara tentang cara mengurangi biaya operasional yang sederhana namun efektif.

Sering kali cara-cara berikut ini banyak yang tidak terpikirkan, padahal terbukti mampu membantu menurunkan besarnya biaya operasional.

Untuk para pengusaha yang ingin tahu lebih jauh, langkah berikut ini bisa ditempuh untuk mewujudkan hal tersebut.

  1. Menghemat Energi

Hal pertama yang paling penting dalam cara mengurangi biaya operasional pada perusahaan yaitu menghemat energi.

Terdengar sepele namun banyak yang tidak tahu bahwa biaya listrik dan air dapat dipangkas menjadi lebih hemat. Karena itu ingatkan karyawan untuk mematikan air yang mengalir di toilet, matikan alat-alat listrik saat jam pulang tiba, dan sebagainya.

Hal kecil seperti ini dapat membantu mengurangi pengeluaran tagihan rutin perusahaan. Apalagi banyak karyawan yang sering lupa mematikan komputer ataupun mematikan AC saat pulang. Sehingga biaya listrik membengkak untuk hal-hal yang tidak perlu.

  1. Melakukan Pelatihan Internal

Stop mengadakan pelatihan dengan pihak lain di luar perusahaan. Karena hal ini membutuhkan dana yang tidak sedikit, mulai membayarkan transportasi, akomodasi, hingga biaya untuk para pengajar dari luar.

Manfaatkan senior di perusahaan untuk membantu memberikan arahan serta pelatihan untuk para pekerja junior. Sehingga dengan demikian tidak perlu menambah biaya untuk pelatihan eksternal di luar kantor.

  1. Mengatur Ulang Anggaran

Berikutnya cara mengurangi biaya operasional yang efektif yaitu dengan jalan mengatur ulang seluruh anggaran. Pastikan untuk memasukkan kebutuhan yang utama saja ke dalam anggaran. Meminimalkan kebutuhan yang kurang penting untuk dilakukan.

Lakukan evaluasi penggunaan anggaran perusahaan dengan hati-hati dan tetapkan mana pos yang penting dan mana yang tidak penting. Dengan demikian maka penggunaan anggaran dana perusahaan dapat berjalan lebih efisien.

  1. Mengadakan Rapat di Kantor

Cara mengurangi biaya operasional berikutnya yaitu dengan jalan mengadakan rapat di area kantor saja. Beberapa perusahaan memiliki kebiasaan mengadakan rapat di hotel berbintang.

Tentu saja hal ini memakan banyak biaya, mulai dari biaya transportasi, biaya akomodasi, dan juga biaya konsumsi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari hal-hal semacam ini dan gantikan dengan mengadakan rapat pada lokasi yang lebih hemat.

Sebaiknya gunakan ruang pertemuan di kantor untuk mengadakan berbagai keperluan rapat tersebut. Sehingga dengan demikian pada akhirnya biaya untuk mengadakan rapat dapat dihemat lebih baik.

  1. Memakai Kertas Bekas

Rupanya memakai kertas bekas untuk mencetak draft dokumen dapat menjadi salah satu cara mengurangi biaya operasional yang efektif. Sering kali draft dokumen hanya digunakan untuk memeriksa saja tanpa diserahkan secara resmi untuk pihak berkepentingan.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak perlu menggunakan kertas baru untuk keperluan tersebut. Gunakan kertas bekas dengan halaman yang kosong untuk melakukan hal ini. Tentu biaya untuk pembelian kertas dapat berkurang secara signifikan.

  1. Mengatur Cuti Karyawan

Siapa sangka ternyata pengaturan cuti karyawan yang baik mampu menjadi salah satu cara mengurangi biaya operasional perusahaan yang tepat. Hal ini merupakan cara yang penting diterapkan di setiap perusahaan.

Pengaturan cuti yang kurang optimal membuat produktivitas perusahaan menurun. Sehingga dengan biaya operasional yang tetap didapatkan produksi yang minim.

Maka dari itu, sebisa mungkin lakukan pengaturan yang sesuai pada cuti karyawan. Usahakan untuk memastikan produktivitas perusahaan tetap optimal saat ada karyawan yang mengajukan cuti.

  1. Evaluasi Penggunaan Sarana Perusahaan

Berbagai macam sarana perusahaan sebaiknya digunakan sesuai kebutuhan saja. Maka dari itu sebagai cara menghemat biaya operasional perusahaan yang lebih optimal dalam hal ini, sebaiknya lakukan evaluasi berkala.

Perhatikan kondisi penggunaan sarana perusahaan yang tidak pada tempatnya. Hindari kondisi tersebut untuk membantu meringankan biaya yang harus dikeluarkan.

Dengan demikian tentu anggaran untuk keperluan sarana perusahaan dapat lebih minim.

  1. Membatasi Penggunaan Internet

Kemudian cara mengurangi biaya operasional lainnya yang sederhana namun terbukti efektif yaitu membatasi penggunaan internet. Biaya internet untuk sebuah perusahaan besar tentu saja tidak murah.

Oleh karena itu, pastikan supaya internet digunakan karyawan hanya untuk keperluan perusahaan saja. Karena banyak kasus karyawan memakai internet perusahaan untuk keperluan pribadi.

Bahkan ada beberapa karyawan menggunakan internet dalam jumlah besar untuk keperluan di luar pekerjaan.

Dengan demikian, membatasi penggunaan internet dengan membatasi akses situs tertentu bisa menjadi alternatif yang baik dalam hal ini.

  1. Mencari Barang Alternatif

Opsi lain sebagai cara menghemat biaya operasional perusahaan yaitu dengan jalan mencari barang alternatif. Dalam arti alternatif untuk produk furniture kantor yang digunakan para karyawan sehari-hari.

Tidak ada salahnya mencari produk yang lebih murah namun dengan manfaat yang sama. Manfaatkan juga harga promo dalam pembelian partai. Tentunya hal ini membantu menghemat biaya yang harus dikeluarkan secara tidak langsung.

  1. Optimasi Penggunaan Kendaraan Perusahaan

Lakukan optimasi pada penggunaan kendaraan perusahaan sebagai salah satu cara menghemat biaya operasional perusahaan. Pastikan penggunaan kendaraan perusahaan hanya untuk keperluan penting terkait perusahaan saja.

Hindari penggunaan kendaraan perusahaan untuk keperluan pribadi karyawan. Supaya biaya bahan bakar yang dikeluarkan menjadi lebih minim. Karena terkadang beberapa karyawan menggunakan kendaraan perusahaan untuk hal-hal di luar kantor.

Jadi, ada baiknya menghindari hal-hal semacam ini terjadi.

  1. Menggunakan Aplikasi

Berikutnya cara menghemat biaya operasional perusahaan yang bisa dicoba yaitu dengan jalan memakai aplikasi untuk keperluan absen dan keperluan perusahaan lainnya yang sejenis.

Cara ini membantu proses pekerjaan HR dan staff keuangan yang jauh lebih efektif dan efisien. Tidak perlu membutuhkan banyak waktu dibandingkan menggunakan cara manual.

Selain itu, semuanya dapat dilakukan dengan otomatis sehingga menghemat tenaga yang diperlukan. Saat tenaga yang dipakai lebih minim, maka biaya yang harus dikeluarkan otomatis juga akan lebih sedikit.

  1. Menggunakan Jasa Outsourcing

Outsourcing juga dapat mengurangi beban biaya operasional. Sebagai contoh ada perusahaan yang mengoutsource di bidang IT maka hal ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien seperti dalam pemesanan barang, jika IT sudah diterapkan maka untuk memfasilitasi komunikasi antara penyedia barang dengan yang membutuhkan barang akan dimudahkan dalam transaksinya.

Melalui outsourcing maka perusahaan dapat memberikan financial flexibility yang lebih. Sebagai contoh ada perusahaan yang ingin melakukan riset di bidang industrinya, maka dapat dilakukan outsourcing tentang riset dan pengembangan yang pada akhirnya perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya. Biaya dengan term payment tergantung dari hasil yang telah ditemukan oleh penyedia outsourcing tersebut.

Apakah Perusahaan anda tertarik menggunakan jasa outsourcing untuk menghemat biaya operasional perusahaan?

Multi Daya Sinergi Bersama siap menjadi partner kerjasama jasa outsourcing perusahaan anda

Dalam menjalankan bisnis kami berorientasi pada kepercayaan dan kepuasan Klien dan Mitra Usaha.

Kami siap bekerja sama dengan anda, mari bergabung bersama PT. Multi Daya Sinergi Bersama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *